Cara Mencegah Mabuk Kendaraan


Kemaren saat Mbak Meong berlibur ke Puncak Bogor, Mbak Meong mengamami mabuk perjalanan.Pada dasarnya mual/mabuk perjalanan itu bersumber dari konflik antara mata dan otak. Kita selalu berpikiran bahwa kita sedang bergerak tatapi keadaan kita di dalam kendaraan menyebabkan pandangan mata kita seperti tidak bergerak.Otak yang menerima sinyal bertentangan inilah yang menyebabkan mual dan muntah. Untuk mencegah mabuk perjalanan anda dapat melakukan beberapa langkah berikut ini

1.Makan terlebih dahulu sebelum perjalanan
Jangan biarkan perut kosong dan makan terlaku banyak sebelum perjalanan. Usahakan makan secukupnya kalau perlu setelah makan minum juga obat anti mabuk perjalanan seperti Antimo,dsb.

2. Melihat Pemandangan
Jika anda menggunakan mobil, Duduklah di Kursi Depan agar pandangan mata anda dapat mengikuti selaras dengan laju kendaraan.Jangan biarkan pandangan anda hanya terfokus pada ruangan di dalam kendaraan serta hindari duduk dengan posisi berlawanan kendaraan melaju.

3. Hiruplah Udara Segar dan berhanti sejenak di Rest Area
Cobalah untuk membuka kaca mobil saat anda melewati jalan yang bebas polusi agar mendapatkan udara segar.Sebaiknya Anda tidak membawa makanan yang berbau tajam seperti durian, supaya baunya tidak menyebar di dalam mobil.Saat menjumpai Rest Area anda sebaiknya berhenti untuk beristirahat agar otot tubuh tidak kaku serta rileks sejenak.

4. Mengemudilah dengan santai
Jika anda menjadi sopir, maka menyetirlah dengan santai.Semakin sedikit goyangan dalam mobil, maka semakin kecil penumpang anda akan merasa mual.

5.Jangan Membaca dan menonton Video terlalu lama
Tanpa disadari jika anda terlalu banyak membaca,menonton tv,bermain video game saat kendaraan melaju maka anda akan merasa mual.Untuk itu sesekali lihatlah pemandangan keluar untuk menetralisir keadaan.

6.Hindari memilih jalur mudik yang berbukit-bukit
Biasanya orang akan merasakan sensasi perut terasa mengambang saat kendaraan melaju dari naik bukit lalu turun,jika terlalu sering tentu saja hal ini mengakibatkan rasa mual. Jika jalur mudik anda adalah jalur yang banyak terdapat gundukan naik turun, usahakan cari jalur alternatif.

0 komentar:

Posting Komentar