Tips Sukses Membuka Usaha Konter Pulsa

Barusan Mbak Meong beli pulsa ke konter milik temen Mbak.Memang sudah bertahun-tahun Mbak Meong langganan beli pulsa di konter temen Mbak ini dan dari hasil pengamatan Mbak Meong usaha konter pulsa temen Mbak ini sangat maju pesat jika dibanding dulu waktu pertama kali buka.Peluang usaha penjualan pulsa masih sangat menjanjikan seiring dengan kemajuan teknologi telekomunikasi ditambah lagi jumlah penduduk indonesia yang menggunakan Handphone sangat besar.Kebutuhan Pulsa termasuk tertinggi di indonesia disamping penjualan beras dan rokok.Bisa dikatakan Pulsa saat ini merupakan kebutuhan pokok.

Walaupun Konter Pulsa sudah bertebaran di mana-mana karena untuk membuka usaha ini tidak dibutuhkan modal yang besar, namun peluang usaha ini masih terbuka lebar.Nah untuk menghadapi persaingan yang sengit ini dibutuhkan tips agar usaha konter pulsa anda sukses :

1. Cari lokasi yang strategis.
Pemilihan Lokasi bisa menyumbang 50% dari keberhasilan usaha.

2. Cari distributor/dealer untuk masing-masing operator.
Biasanya dalam 1 kota terdapat dealer untuk masing-masing operator.Untuk penggunaan Operator Besar seperti Telkomsel,Indosat dan XL gunakan Chip untuk masing operator tersebut.
Untuk transaksi Operator Telkomsel (Simpati dan KartuAs) menggunakan M-Kios
Untuk transaksi Operator Indosat (IM3,Mentari,StarOne) menggunakan i-SEV
Untuk transaksi Operator XL  menggunakan Dompet Pulsa
Untuk operator dengan pemakai sedikit bisa menggunakan Server Multi Operator.
Dengan menggunakan  Chip untuk masing-masing operator,Pihak Dealer akan lebih memperhatikan kesuksesan penjualan pulsa anda dengan menjamin ketersediaan stok pulsa dan kartu perdana,edukasi mengenai pelayanan dari Operator Selluler serta pemberian media promosi seperti spanduk,brosur,branding konter,dll
Dengan menggunakan Chip untuk masing-masing operator membuat anda bertransaksi pulsa lebih baik dibanding transaksi menggunakan server pulsa all operator.

3. Cari Info dan Ikuti Perkembangan Layanan Operator dan Handpone
Perkembangan dunia Telekomunikasi berjalan sangat cepat dan Operator Telekominikasi selalu berlomba-lomba mengeluarkan produk unggulannya sehingga banyak masyakarat umum yang masih awam masih bingung.Pembeli akan lebih menyukai konter yang bisa dimintai informasi mengenai Promo dari Operator dan Produk Handpone terbaru dibanding Konter yang masih Gaptek.

4. Buat pembukuan untuk setiap transaksi penjualan baik pulsa elektrik,voucher fisik,kartu perdana,aksesoris,dll.Juga pisahkan uang penjualan pulsa dengan uang pribadi agar modal tidak dipakai dan habis untuk keperluan pribadi.Dengan membuat pembukuan sederhana, kita dapat mengetahui laba rugi dan pengeluaran setiap bulannya.Buat juga catatan laporan transaksi beserta nomer seri dari operator untuk memudahkan pengecekan dan komplen ketika terjadi error atau gangguan dari Operator/Distributor pulsa.

5.Hindari pelanggan yang berhutang walaupun pelanggan tersebut merupakan pelanggan konter pulsa anda.Kebanyakan penjualan pulsa menggunakan sistem hutang ini akan menjadi masalah semisal kelupaan dari pembeli,mengaku pulsa belum masuk,dll.Hal ini juga akan mengganggu perputaran modal.

6.Perlengkap produk penjualan anda.
Konter pulsa tidak melulu hanya berjualan pulsa saja, tambahkan juga produk pendukung seperti Katu Perdana,Voucher Fisik,Aksesoris Handpone,dll

7.Jam operasional lebih panjang.
Buka Konter Lebih pagi dan tutup lebih malam untuk lebih menarik pelanggan.Biasanya Pembeli pulsa seperti Para Pelajar sebelum masuk sekolah dan Pegawai Kantor sebelum masuk jam kerja akan mencari konter yang sudah buka untuk mengisi pulsa.

8.Layani pembeli seperti raja
Layani pelanggan dengan murah senyum dan rasa hormat serta berikan penjelasan mengenai layanan operator/promo-promo yang sedang berjalan sehingga menjadikan mereka Pelanggan setia di konter Anda.

9.Manfaatkan poin reward untuk menambah penghasilan yang diadakan oleh Dealer Operator Selluler seperti Reward Aktifasi kartu Perdana,Penjualan pulsa,dll

0 komentar:

Poskan Komentar