Insomnia

Belakangan ini Mbak Meong sering begadang bareng temen-temen di Cafe & Diskotik jadi jadwal tidur jadi kebalik nih, kayak kelelawar hihihi.Parahnya lagi semalem Mbak Meong gak bisa tidur nih,,mungkin ini yang disebut gejala Insomnia.Insomnia adalah gejala sulit tidur atau tidak dapat tidur nyenyak.Pada beberapa orang yang mengalami gangguan sulit tidur biasanya disebabkan pola hidup yang tidak sehat seperti waktu tidur tidak teratur,kurang berolahraga dan kebiasaan merokok atau akibat adanya permasalahan psikologis.Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa beristirahat.Sebelum anda berpikir untuk mengkonsumsi obat tidur,ada baiknya Anda melakukan beberapa langkah sederhana untuk mengatasi kesulitan tidur tanpa menggunakan obat-obatan berikut ini :

1. Jangan tidur di siang hari. Tidur di siang hari akan mengurangi kebutuhan tidur di malam hari akibatnya pada malam hari anda akan sulit tidur.

2. Tentukan jadwal jam tidur yang harus dipatuhi.Misal Anda akan tidur dari jam 10 malam - jam 5 pagi.Jika sudah di tentukan saat tidur dan bangun, seyogyanya dipatuhi jika perlu pasang jam weker agar anda tidak bangun kesiangan.Jika anda sudah memiliki jadwal jam tidur yang tetap maka tubuh anda akan beradaptasi dengan waktu tidur tersebut.


3. Buat tempat tidur anda senyaman mungkin.Tempat tidur sebaiknya hanya digunakan untuk tidur dan tidak di gunakan untuk kegiatan lain.Misalnya menonton TV, Makan,Belajar,dll

4. Biasakan diri untuk tidur dengan posisi miring dan posisi kepala kita lebih tinggi dari posisi badan. Ini dapat dilakukan dengan mengganjal kepala dengan bantal.Tidur dengan cara seperti ini agar pernafasan,aliran darah dan proses pencernaan makanan selama kita tidur tidak terganggu.

5. Matikan Peralatan Elektronik seperti TV atau HP.Padamkan Lampu saat anda tidur.Jangan biarkan TV dibiarkan hidup selagi anda tidur dan jangan tidur sambil mendengarkan musik dari Hanphone/Tape

6. Lakukan olahraga teratur saat pagi hari.Olahraga yang murah meriah yang mudah dilakukan adalah jogging di pagi hari.Menurut para dokter,dengan jogging di pagi hari membuat kualitas tidur anda lebih baik jika dibanding anda mengkonsumsi obat tidur

7. Hindari kebiasaan merokok,minuman yang mengandung alkohol dan kopi.Minumlah Air Mineral sedikitnya 2 lt/ 8 gelas perhari.

0 komentar:

Posting Komentar