Cara Memasang Kabel Jaringan Komputer

Horee Papa Mba Meong beli komputer baru buat Mba Meong (^_^)v ...tapi masalahnya pas sekarang komputer baruku belum terkoneksi internet,tinggal colok kabel sih ke jaringan komputer rumah yang sudah lama di pasang Speedy.Trus Mba Meong beli kabel LAN ke toko komputer terdekat, namun saat ditanya sama penjaga tokonya Mba Meong malah bingung nih ? penjaganya bilang mau yang tipe Straight atau yang tipe Cross ? Kirain Straight & Cross nama merek kabel :p, ternyata bukan.Si penjaga toko lalu menjelaskan ke Mba Meong panjang lebar sambil minta kenalan segala (*_^)...tapi intinya penjelasan mengenai kabel jaringan komputer/ LAN sebagai berikut :

Kabel jaringan digunakan untuk berkomunikasi di jaringan komputer ( computer network ).Dengan memanfaatkan jaringan komputer, pekerjaan bisa menjadi lebih efektif dan efisien. Plug yang digunakan untuk membuat jaringan adalah RJ45 yang dipasang pada kabel berjenis UTP ( unshielded twisted pair ).

Dalam membuat sambungan kabel LAN ada dua cara yaitu STRAIGHT dan CROSS, jadi tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan

1. STRAIGHT (Menghubungkan Computer dan HUB)
Susunan warna kabel pada konektor RJ45
Ke Connector UTP 1

    PUTIH – ORANGE
    ORANGE
    PUTIH – HIJAU
    BIRU
    PUTIH – BIRU
    HIJAU
    PUTIH – COKLAT
    COKLAT

Ke Connector UTP 2

    PUTIH – ORANGE
    ORANGE
    PUTIH – HIJAU
    BIRU
    PUTIH – BIRU
    HIJAU
    PUTIH – COKLAT
    COKLAT

2. CROSS (Menghubungkan Computer – Computer atau Hub – Hub)
Ke Connector 1

    PUTIH – ORANGE
    ORANGE
    PUTIH – HIJAU
    BIRU
    PUTIH – BIRU
    HIJAU
    PUTIH – COKLAT
    COKLAT

Ke Connector 2

    PUTIH – HIJAU
    HIJAU
    PUTIH – ORANGE
    BIRU
    PUTIH – BIRU
    ORANGE
    PUTIH – COKLAT
    COKLAT

Kupaslah isi luar kedua ujung kabel dengan Tang Crimping. kemudian dengan posisi konektor RJ45 menghadap ke bawah, masukkan susunan kabel seperti gambar atau penjelasan diatas. Setelah terpasang pastikan apakah sudah terpasang dengan baik dengan  menggunakan LAN tester.

Cara menggunakan LAN tester yaitu colokkan salah satu ujung ke induk tester ( yg besar ) ke port Tx. Dan colokkan ujung lain ke anak tester (yg kecil) ke port Rx. Nyalakan kabel tester dengan menggeser saklar ke posisi auto.

Di tester Induk :
Lampu indikator akan menyala secara berurutan dari lampu indikator 1 s/d 8 dan juga G ( ground)

Di tester kecil :

-jika lampu indikator juga menyala pada posisi lampu indikator induk menyala, maka kabel tersebut tidak ada masalah.
-Jika lampu indikator tester induk menyala pada nomor tertentu sedangkan lampu indikator pada tester anak pada nomor tersebut tidak menyala, berarti kabel dengan warna yang bersangkutan mengalami masalah.
-Jika lampu indikator tester induk menyala pada nomor tertentu sedangkan lampu indikator pada tester anak menyala pada nomor yang lain bearti urutan pemasangan yang tidak benar. (kecuali untuk jenis cross )

Setelah Kabel sudah terpasang baik pada konektor RJ45,Masukkanlah kabel tersebut ke slot RJ45 yang terdapat di ethernet card atau port motherboard.Modherboard modern biasanya sudah memiliki port ethernet di belakangnya sehingga Anda tidak perlu menambahkan kartu ekspansi berjenis ethernet card lagi.

0 komentar:

Posting Komentar