Printer 3D Printer Ajaib Masa Depan

Pernahkan kita membayangkan gambar yang ada di komputer kita bisa dicetak menggunakan printer dan hasilnya berupa sebuah benda 3 dimensi ? Ya, hal ini sudah menjadi kenyataan, bukan lagi sebuah hasil cetakan di kertas melainkan barang utuh.Cara kerja printer ini sama dengan printer pada umumnya. Yakni mengeluarkan hasil olahan dari perangkat komputer. Kelebihan mesin ini, hasil cetakannya benar-benar berupa barang. Bukan berwujud gambar.Cara kerja printer itu sama dengan printer pada umumnya. Yakni mengeluarkan hasil olahan dari perangkat komputer. Kelebihan mesin ini, hasil cetakannya benar-benar berupa barang. Bukan berwujud gambar,

Dalam satu perangkat printer 3D, setidaknya ada tiga unit servomotor. Yakni untuk gerakan naik-turun, maju-mundur, juga ke samping. Satu di antara tiga motor itu memegang peran kunci. Yakni menjadi tempat pelelehan bahan baku yang hendak dicetak printer 3D. Dengan tingkat kepanasan tertentu, bahan baku itu meleleh, lalu begerak-gerak membentuk pola sesuai yang diinginkan. ’’Material yang dilelehkan itu mencair, bentuknya seperti bihun.

Kunci sukses dalam menjalankan printer 3D ada pada pengaturan keakurasian atau presisi. Kalau tidak benar-benar pas, cetakan bulat yang diinginkan malah menjadi lonjong. Mesin printer 3D sudah jamak digunakan untuk membuat duplikasi senjata api di Amerika Serikat (AS). Sementara di Jepang, penggunaan mesin 3D sudah sangat berkembang. Salah satunya digunakan untuk duplikasi organ tubuh. Cara kerjanya mirip. Hanya material bahan bakunya yang berbeda.Untuk menduplikasi organ tubuh, bahan pokoknya adalah sel punca yang dikembangbiakkan.Di Indonesia sendiri pengembangan fungsi mesin printer 3D masih rendah.

Printer 3D itu memiliki kelebihan serta kekurangan. Kekurangannya, butuh banyak waktu untuk mencentak barang tertentu dalam jumlah besar. Kekurangan lainnya, materi yang dicetak menyesuaikan dengan besarnya cetakan. Kalaupun dipaksakan, pencetakan dibuat terpisah-pisah, lalu dilem.Kelebihan mesin tersebut adalah bisa mencetak dengan desain seaneh-anehnya.Secuil apa pun kondisi objek yang akan dicetak terbaca oleh mesin.

0 komentar:

Posting Komentar