Cinta Dari Wamena : Antara HIV dan Keindahan Wamena


Berawal dari kekhawatiran Pemerintah Daerah Jayawijaya tentang meningkatnya virus HIV / AIDS yang menjangkit para remaja, menjadi awal kisah pembuatan layar lebar Cinta dari Wamena.

Mengikuti kisah tiga orang sahabat, Litius (Maximus Itlay), Tembi (Benyamin Lagowan) dan Martha (Madona Marrey). Mereka adalah penduduk asli Papua yang tinggal di sebuah kampung terpencil. Usai menamatkan pendidikan di bangku SMP, bersama-sama mereka berniat untuk mewujudkan mimpi mereka, yakni meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Mimpi tersebut membawa mereka ke Wamena, dimana di sana terdapat Sekolah Menengah Atas. Bermodalkan mimpi, mereka pun hijrah ke Wamena. Ketiga sahabat ini pun berhasil memperoleh pendidikan gratis. Namun untuk biaya sehari-hari, mereka harus berusaha untuk menghidupi diri mereka masing-masing. Litius dan Tembi bekerja sampingan sebagai seorang tukang becak, sementara Martha membantu-bantu di rumah Mama Sella (Sylvia Saartje).

Wamena, menjadi tempat dimana ketiga sahabat ini semakin dekat dengan mimpinya masing-masing. Litius yang ingin jadi seorang musisi, Tembi yang ingin menjadi tentara, dan Martha yang ingin menjadi pramugari. Jalan tak selalu lurus, hidup tak selalu mulus. Di Wamena pula, persahabatan Litius, Tembi dan Martha diuji oleh kerasnya kehidupan dan pergaulan Wamena. Membawa salah satu diantara mereka kedalam seks bebas hingga terjangkit virus HIV.

Sementara itu, disela-sela kesibukan Litius pun, kini ia justru menghabiskan waktu dengan gadis satu sekolahnya, Endah (Amyra Jessica). Akankah ketiga sahabat ini mampu meraih mimpinya dan menjaga persahabatannya?

Cinta dari Wamena merupakan sebuah persembahan Tanakhir Films yang bekerjasama dengan AustralianAID. Kisah menyentuh dan kesederhanaan yang menjadi landasan utama Cinta dari Wamena, dimana sang sutradara, Lasja F. Susatyo mencoba untuk membidik para penonton akan kehidupan saudara kita di Papua, sekaligus membangkitkan rasa kemanusiaan yang timbul untuk Tanah Air Indonesia.

Keterbatasan pengetahuan dan aspek-aspek lain di Wamena mudah saja menjadi alasan mengapa banyak remajanya yang terjangkit virus HIV. Rangkaian cerita adegan demi adegan yang ditulis oleh Sinar Ayu Massie untuk Cinta dari Wamena pun kerap mengundang gelak tawa sekaligus 'menyentil' budaya kita.

Pemain berbakat seperti Nicholas Saputra dan Susan Bachtiar pun turut meramaikan film Cinta dari Wamena. Hadir saat liburan sekolah membuat Cinta dari Wamena menjadi pilihan lain bagi Anda yang ingin memperoleh edukasi sekaligus hiburan dalam waktu yang bersamaan.

Cinta dari Wamena akan meramaikan layar lebar Cinema 21 mulai 13 Juni 2013.

0 komentar:

Posting Komentar