Mulailah Hidup Hemat

 
Sejumlah situasi kadang memaksa kita mengubah kebiasaaan dalam membelanjakan uang seperti harus melunasi hutang atau mencoba menabung untuk kebutuhan masa depan.Hidup hemat kadang identik dengan pandangan negatif seperti pelit,tidak bebas,menderita,dll.Padahal tidak selamanya hidup hemat berkonotasi negatif. Ingat nenek moyang kita pernah memberi nasehat bahwa " hemat pangkal kaya " jadi sebenarnya berpola hidup hemat akan menjadikan kita hidup lebih bahagia. Berikut tips sederhana hidup hemat untuk meraih kebahagiaan dengan mengencangkan ikat pinggang.

1. Monitor uang anda
Banyak orang yang tidak tau berapa jumlah uang yang dibawa dalam saku atau dompet yang mereka bawa sehari-hari.Bahkan yang lebih parah lagi banyak yang merasa bersalah karena tak tahu jumlah uang di rekening bank mereka. Saat membaca Buku Tabungan ternyata ending ceritanya sangat menyedihkan.Bagaimana Anda bisa mengikuti rencana anggaran jika tak tahu jumlah uang yang dimiliki. Oleh karena itu untuk memonitor keuangan pribadi anda ada baiknya anda membuat buku kas keuangan sederhana.

2. Catat setiap pengeluaran
Jika anda berencana hidup dengan anggaran ketat, mulai dengan catat semua pengeluaran.Dari membayar cicilan rumah sampai hal kecil seperti membeli makanan ringan di kantin.Kita mudah lupa jumlah yang kita belanjakan tiap hari.Mencatat pengeluaran secara baik dapat membantu anda menghindari pemborosan uang untuk pengeluaran yang tidak perlu.

3. Ubah kebiasaan belanja
Berbelanja memang menyenangkan. Di sini orang-orang mulai berpikir, hidup hemat tidak menyenangkan dibanding gaya hidup belanja sesukanya.Mulailah berpikir mengurangi belanja-belanja barang yang tidak diperlukan.

4. Jangan remehkan uang koin
Stop memperlakukan uang receh seperti sampah. Simpan koin secara baik dengan dompet koin atau sediakan celengan. Dengan membawa domot koin anda akan merasa lebih nyaman dalam berbelanja karena selalu menggunakan uang pas.

5. Mulailah gaya hidup sehat
Kesehatan dapat memainkan faktor dalam cara Anda membelanjakan uang.Salah satu tip terbaik hidup hemat yang bisa diikuti semua orang adalah dengan menjaga kesehatan. para perokok,peminum alkohol,dan yang mempunyai kebiasaan makan buruk cenderung membelanjakan lebih banyak uang dibanding orang yang memiliki gaya hidup sehat.

6. Beri uang saku untuk diri sendiri
Batasi diri sendiri dengan sejumlah uang saku untuk harian atau mingguan.Jika uang habis, jangan tarik uang lagi sampai waktu uang saku berikutnya.Memberi diri sendiri uang saku bisa membantu anda mengatur keuangan lebih cermat.

7. Cari jalan mendapatkan penghasilan sampingan
Menemukan cara untuk menghasilkan uang tambahan merupakan salah satu tip hidup hemat yang bisa membantu Anda mencapai tujuan hidup bahagia kaya sejahtera.Pergunakanlah waktu luang untuk menghasilkan uang ketimbang membelanjakan uang.Banyak cara untuk menghasilkan uang tambahan baik secara offline maupun online di internet. Beberapa cara menghasilkan uang tambahan secara online di internet adalah dengan membuat blog dan mengikuti program periklanan Google adsense

0 komentar:

Posting Komentar