Mengapa Kita Cegukan & Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Teman-teman pasti pernah mengalami cegukan,,Ya..kemaren Mba Meong juga cegukan dan tentunya sangat mengjengkelkan.Tanya sana-sini gimana cara untuk menghilangkannya malah temen Mba Meong bilang kalau dikagetin dengan menepuk agak keras dada bagian belakang maka akan sembuh.Ada yang bilang suruh makan bawang,tahan nafas 5 menit lah,dll.Ah.....ada-ada saja nih temen Mba Meong. Tapi apa sebenarnya penyebab cegukan itu dan bagaimana mengatasinya ?


Cegukan atau yang secara medis disebut Synchronous Diaphragmatic Flutter (SDF), singultus adalah sebuah kondisi dimana terjadi kontraksi tiba-tiba pada diafragma. Diafragma sendiri merupakan sebuah otot yang penting dalam pernapasan kita dimana ia juga memisahkan rongga dada dengan rongga perut, sederhananya adalah memisahkan bagian dada dengan bagian perut dan berkontraksi saat kita bernapas.

Begitu terjadi, maka kontraksi yang terjadi ke diafragma ini akan diikuti dengan penutupan pita suara yang menyebabkan terjadinya suara "hic" sekitar 0.25 detik kemudian. Inilah yang kita kenal secara umum sebagai penanda suara cegukan. Uninya, ritme dari terjadinya cegukan ini sering secara relatif bersifat konstan.

Cegukan dapat terjadi karena banyak hal dan berbeda antara satu orang dengan orang yang lain dimana salah satu yang paling umum adalah karena kita makan atau minum terlalu banyak atau cepat. Selain hal ini, cegukan juga dapat terjadi karena perubahan temperatur, situasi emosional, rendahnya karbondioksida dalam darah atau juga karena gas beracun.

Walaupun terasa menjengkelkan atau sangatlah mengganggu, ketahuilah bahwa semua respon yang dialami tubuh kita merupakan proses biologis yang baik untuk diri kita sendiri, termasuk di dalamnya adalah cegukan ini. Dengan adanya cegukan maka tubuh kita memberitahukan bahwa ada kemungkinan bahwa kita makan atau minum terlalu banyak, selain itu cegukan juga berguna untuk mencegah kemungkinan tersedak.

Cara Mengatasi Cegukan

Pada umumnya, cegukan yang kita alami akan hilang seiring berjalannya waktu dan dalam rentang yang relatif singkat. Akan tetapi jika Kalian benar-benar merasa hal ini sangatlah menjengkelkan maka Kalian dapat mencoba beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya jika Kalian sedang mengalami cegukan.


  1. Minum air (lebih baik lagi kalau air itu air dingin atau air hangat) secara perlahan-lahan dengan tujuan membuat Kalian berhenti bernapas selama beberapa saat.
  2. Letakkan satu sendok gula di bawah lidah lalu telanlah begitu gula tersebut sudah cair.
  3. Tarik napas dan tahan napas Kalian sekitar 10 detik, kemudian keluarkan perlahan-lahan. Lakukan berulang selama 3 atau 4 kali dan lakukan lagi sekitar 20 menit kemudian.
  4. Bernapas ke kantong kertas (tapi bukan menyelubungi seluruh kepala Kalian di dalam kantong).
  5. Peluk lutut Kalian selama beberapa menit dengan mengarahkannya ke dada.

Nah....itu dia cara yang aman dan dianjurkan untuk mengatasi cegukan.Jadi sewaktu-saktu Kalian mengalami cegukan gak usah khawatir.Berdasarkan penjelasan sebelumnya kita tahu bahwa cegukan terjadi karena diafragma kita sedang berkontraksi atau kejang. Maka yang terpenting adalah membuatnya lebih relaks.

0 komentar:

Posting Komentar